Pages

Dampak Buruk Rokok Bagi Kecantikan

Merokok, sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup semua kalangan. Tidak hanya para pria, wanita pun tidak sedikit yang menjadi perokok. Tak jarang, orang beranggapan tidak masalah tidak makan asal masih bisa merokok.

Selain mengganggu kesehatan, seperti merusak jantung, paru-paru, otak bahkan seks, merokok juga dapat mengganggu kecantikan. Ada 15 titik kecantikan yang rentan terhadap asap rokok yang pasti akan Anda alami bagi pecandu rokok, yaitu:
Merokok di malam hari akan membuat tubuh terjaga, sehingga menimbulkan kantung mata yang Anda lihat di pagi harinya.
Mempercepat terjadinya penuaan pada kulit karena dalam tembakau yang merupakan bahan baku utama rokok, terkandung lebih dari 4 ribu bahan kimia berbahaya yang dapat memicu rusaknya kolagen dan elastistas kulit. Akibatnya, kulit perokok jadi cepat kendur dan memiliki keriput yang lebih kelihatan.
Nikotin dalam rokok mengakibatkan timbulnya masalah karang gigi.
Parut nikotin juga bisa menyebabkan vasoconstriction, yaitu penyempitan pembuluh darah yang dapat menghambat peredaran darah, baik di area wajah maupun bagian tubuh lainnya sehingga pasokan oksigen pada sel-sel tubuh menjadi terhambat.
Nikotin pada rokok akan meninggalkan bekas yang membandel di kuku jari.
Racun kimia dalam rokok dapat merusak DNA pada folikel rambut dan menghasilkan sel radikal bebas yang merusak, sehingga rambut menjadi tipis dan cenderung lebih cepat memudar warnanya.
Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, para perokok punya risiko enam kali lebih besar mengalami penyakit gigi dan mulut.
Kulit menjadi pucat.
Merokok menghilangkan berbagai macam nutrisi dari tubuh termasuk vitamin C yang melindungi dan memperbaiki kulit dari kerusakan.

10. Bila seorang perokok menjalani operasi kecantikan seperti face lift, ekstrasi gigi dan prosedur periodontal, mereka tidak dapat sembuuh dengan baik dan cepat sebagaimana kemampuan yang dimiliki oleh tubuh seorang yang tidak merokok.

11. Merokok merupakan penyebab utama kanker kulit. Perokok memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar mengalami carcinoma, salah satu tipe kanker paling umum.

12. Rokok dapat menghilangkan nafsu makan dan kebanyakan memiliki berat badan yang lebih ringan. Namun rokok bukanlah solusi terbaik untuk masalah berat badan.

13. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko katarak karena membuat lensa mata mengalami stres oksidatif yang berlebihan.

Okey ladies, berhentilah merokok dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Jumlah batang rokok yang Anda hisap merupakan faktor risiko yang lebih penting ketimbang faktor berapa lama Anda sudah punya kebiasaan merokok. Sayangi diri Anda dan keluarga Anda.

0 komentar:

Posting Komentar